Minggu, 09 Oktober 2011

KESELARASAN AHLAK

Watak atau sifat/tabeat manusia memang berbeda, kadang merasa heran dengan watak orang-orang yang ada disekeliling kita. Ada yang baik dan buruk, yang egois dan sabar dll. Kalau aku sih orang yang baik..kurasa hehehehe....

Seperti yang aku katakan di atas, setiap manusia sudah barang tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing - masing. Tapi ada beberapa yang menurutku sangat disayangkan kalau dilihat bagaimana seseorang memiliki tabeat/watak keras, serakah dengan harta, egois atau ingin menang sendiri terlepas salah atau benar padahal ia termasuk ahli ibadah. Menurutku sangat ideal juga sesuai dengan apa yang diyakininya bahwa setiap ibadah sudah pasti harus disertai sifat - sifat yang baik, selalu menghargai orang lain walau berbeda pendapat dengan dirinya tapi pada kenyataannya bertolak belakang.

Begitupun sebaliknya ada orang yang kurang ibadahnya tetapi ia orangnya baik, sabar, selalu menghargai yang lain, suka menolong dll yang baik - baik saja dia dimiliki. Nah inipun bertolak belakang dengan agama yang dia anut dimana punya kewajiban mentaati semua perintah dan laranganNya.

Kesimpulannya: 
1.  Dia ahli ibadah yang bertabeat jelek..bagaiman hasil ibadahnya?
2. Dia bertabeat baik tapi kurang bahkan tidak menjalankan perintah agamanya..bagaimana hasil  kebaikanya?

Kita berusaha keras agar selalu bisa melaksanakan semua perintah Allah SWT, berusaha melawan hawa nafsu kita karena itulah musuh utamanya. Janganlah perjuangan dan ibadah  kita jadi sia - sia dengan segala tabeat/sifat jelek yang notabene bukan ajaran agama.

Bagaimana dengan orang yang memiliki hampir semua kebaikan yang ia lakukan terhadap sesama tetapi ia juga ingkar terhadap Tuhan?. Semua kebaikannya akan sia-sia dan tidak ada artinya dimata Tuhan YME.
Lakukanlah apa yang diperintah Tuhan sebagaimana kita lakukan setiap kebaikan terhadap sesama agar punya nilai plus baik di dunia maupun di akhirat kelak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar